Keyakizaka46 | an impression

Member Keyakizaka46 pada cover single ketiga mereka [Futari Sezon]


Cuma ngisi blog, kasian kosong. Mumpung lagi hype pengumuman single ke-empat.
Sebelumnya saya tekankan, saya tidak merasa saya tahu banyak tentang Keyakizaka46, cuma tahu sedikit jika dibandingkan dengan fans-fans lain, walaupun begitu saya ingin berbagi apa yang saya ketahui jika misalnya diantara kalian ada yang tertarik dengan Keyakizaka46, bahkan saya akan senang jika ada diantara kalian yang sebelumnya tidak suka atau tidak kenal Keyakizaka46 menjadi suka setelah membaca tulisan saya. Jangan dijadikan acuan, cukup dilihat sebagai pendapat saja, karena memang ini hanya pendapat saya pribadi yang mungkin saja berbeda dengan pendapat dari fans lain.

Idol group, khususnya idol group besutan Akimoto Yasushi, konsep grup idola yang menitik beratkan pada perkembangan karakter tiap member, dimana idol group ini dibentuk dengan kondisi belum sempurna, artinya tiap anggota tidak serta merta pintar menyanyi dan menari, bahkan banyak yang diterima padahal mereka tidak bisa menyanyi dan menari, then what's the point? Disinilah asyiknya, mereka itu ibarat bibit dengan potensi tidak terbatas, kita seolah diajak untuk melihat, menyaksikan, berpartisipasi, mendukung perkembangan mereka dari nol, semuanya transparan, bagaimana mereka yang tadinya hanya orang biasa, berjuang sekuat tenaga mengejar mimpinya, bukan untuk jadi idola sempurna, tapi untuk menjadi sosok yang mereka inginkan, entah itu penyanyi solo, model, aktris, , pengisi suara, komedian, apapun.


Kira-kira sudah setahun ngikutin idol group Keyakizaka46, awalnya yang cuma penasaran makin kesini makin suka, acara TV-nya ditontonin, CD single-nya dibeli, ngintip-ngintip aktivitas para membernya juga 😀 bagaimana selama setahun ini mereka berkembang dari mulai debut mereka di dunia entertain sampai meraih sukses besar dalam waktu yang cukup singkat, bahkan pencapaian mereka bisa disebut fenomenal untuk ukuran pendatang baru. Salah satu kuncinya ada di konsep yang benar-benar berbeda dari official rival mereka yaitu 48 Group (AKB48), bahkan sang kakak, Nogizaka46 sendiri pun sudah mulai merasa tersaingiKesan saya mulai dengan pencapaian dari single mereka.

Imej idol (mainstream) yang selama ini terbayang adalah sosok perempuan yang cantik, cute, kawaii, senyum gemilang, menyanyikan lagu lucu dengan dance imut-imut, hal itu tidak akan kalian temui ketika melihat debut single mereka yang berjudul Silent Majority. Mereka muncul bukan sebagai idol yang lucu dan gemesin, tapi mereka memukau para penonton dengan penampilan yang benar-benar berbeda, keren, absolutely cool, tegas, TANPA SENYUMAN. Silent Majority adalah sebuah masterpiece, baik lirik, nada, koreografi, semuanya keren. Tak heran single pertama mereka mendapatkan penghargaan sebagai aktris perempuan dengan rekor penjualan single tertinggi yang sebelumnya dipegang oleh HKT48 selama 3 tahun berturut-turut (CMIIW)

Seakan belum puas, 21 gadis remaja ini kembali membuat kagum para penggemarnya dengan dirilisnya single kedua mereka yang berjudul Sekai ni wa Ai Shika nai (世界には愛しかない) bersamaan dengan berita mengejutkan mengenai kabar akan ditayangkannya drama Tokuyama Daigoro wo Dare ga Koroshita ka dimana para pemainnya adalah member Keyakizaka46 dengan single kedua mereka sebagai theme song-nya. Para remaja perempuan yang kemarin adalah orang biasa tiba-tiba menjadi idola dan mendadak harus bermain peran, tentu kemahiran aktingnya juga masih terbilang amatir. Namun disitulah keseruannya, saya bahkan membuat postingan sendiri tentang drama ini, bisa dicek disini.

Mengenai single-nya sendiri, mereka berhasil memenuhi harapan para penggemar dimana lagunya sendiri bisa seimbang dengan kepopuleran single pertama mereka. Memang nuansa cool dan tegas seperti di single pertama tidak terlalu terlihat disini, namun ada poin lain yang membuat single kedua inipun menjadi lagu yang luar biasa, salah satunya adalah Poetry Reading. Mereka memadukan puisi dan lagu dengan baik. Lastly, video klipnya sendiri punya kekuatan tersendiri, lagi, karya kedua mereka ini membuat saya makin bersemangat menantikan karya-karya selanjutnya. Dalam kesempatan ini juga dikenalkanlah 11 member baru sebagai under dari member yang sudah ada, yaitu Hiragana Keyaki, atau tulisan Keyaki dalam huruf hiragana (Keyakizaka pertama terbentuk dari kanji), maka jadilah Kanji Keyaki sebagai member generasi awal dan Hiragana Keyaki sebagai member under atau generasi kedua dengan nuansa yang sedikit berbeda dari para member awal, yang mana kedepanya akan lebih memberikan warna terhadap penampilan mereka.

Tidak lama menunggu, akhir tahun 2016 kemarin, Keyakizaka46 akhirnya merilis single ketiga mereka yang berjudul Futari Sezon (二人セゾン) Sezon sendiri diambil dari bahasa Perancis yang artinya season atau musim. Kali ini mereka menunjukkan keahlian koreo ala ballerina dipadukan nada dan lirik yang sangat kontras. dengan posisi baru serta unit baru yang tentunya membuat single ketiga mereka ini sangat meroket. Terlihat tidak ada yang spesial, namun hasil dari kerja keras mereka selama kurun waktu hampir satu tahun tersebut sepertinya membuat mereka kembali mendapat perhatian. Dimulai dengan digelarnya konser one-man live dengan total 32 member membuat pertunjukkannya sangat meriah, tidak bisa dibilang sempurna, namun tetap menakjubkan. Belum hilang gema konser, beberapa hari kemudian Keyakizaka46 mendapat kehormatan untuk tampil di gelaran acara paling bergensi akhir tahun yang tentu saja membuat semua orang terkejut, karena untuk dapat diundang oleh acara itu amat sangat sulit, ada yang bilang ini keajaiban, namun saya pastikan ini adalah hasil kerja keras mereka, salah satu buah pencapaian yang layak mereka dapatkan. 

Harap-harap cemas menantikan single ke-empat.


Sebelum berkomentar tentang member, saya bahas sedikit beberapa acara TV yang mereka bintangi, acara-acara tersebut yang membantu para member lebih berkembang, lebih profesional dan lebih mendalami dunia hiburan khususnya dalam lingkup idoling. Acara reguler pertama mereka adalah program variety show yang berjudul "Keyakitte, Kakenai?". Acara ini sudah dimulai bahkan sebelum Keyakizaka46 merilis debut single mereka, jadi untuk yang pertama kali kenal Keyakizaka46, saya sarankan untuk mengikuti acara yang sampai sekarang sudah mencapai episode 72. Di acara ini kita bisa melihat perkembangan setiap member, dari mulai penampilan gaya rambut, gaya bicara, sampai keahlian khusus masing-masing. Keseruan tidak sampai disitu, member dituntut untuk bermain berbagai macam permainan, yang pastinya lucu, mengocok perut, bahkan tersipu malu sendiri melihat tingkah para member yang menggemaskan, sisi lain yang sama sekali berbeda dari ketika mereka membawakan Silent Majority. Acara lain yang tidak kalah seru ialah "KEYABINGO" dengan konsep yang hampir mirip, dimana member diharuskan bermain permainan tertentu, dijahili, dijebak dan dibuat sampai menangis. Ada segmen khusus dimana para member seperti ngerumpi, ngomongin masalah pribadi, curhat, pokoknya yang berbau girls-talk deh. Selain acara reguler tersebut, Keyakizaka46 juga sering diundang ke acara lain baik itu sekedar menyanyikan lagu, atau menyangkut hal-hal yang bersifat komedi, hobi, sampai talk show hal-hal serius. Kenapa acara-acara semacam itu penting? Sepengetahuan saya, di Jepang itu yang namanya idol, sepertinya kurang afdol kalau cuma sekedar menyanyi dan menari, akan lebih menarik jika mereka bisa menghibur para fansnya dengan cara lain, misalnya mengikuti acara komedi, bersanding dengan para komedian ternama, atau melakukan acara kuliner, menjadi brand ambassador pakaian atau produk-produk lain, bahkan ikut serta dalam aksi kemanusiaan. Hal-hal tersebut selain memberikan pengalaman lebih, juga dapat memunculkan potensi tersembunyi dari para member, mengeluarkan sisi lain yang belum pernah terlihat, dan yang paling penting memberikan para member arahan mengenai apa yang akan menjadi tujuan mereka kelak di masa depan, membuat mereka bersyukur sudah bergabung dalam Keyakizaka46.

Setelah ngelantur kesana-kesini, akhirnya saya bahas kesan-kesan terhadap masing-masing member Keyakizaka46 setelah kurang lebih satu tahun melihat mereka, walau cuma di layar kaca :v

Member Kanji Keyaki :


  1. Hirate Yurina.
    Sering disapa Techi, Hiratechi. Si anak ajaib, member paling muda di Keyakizaka46 (bergabung dengan Keyakizaka46 pada usia 14 tahun). Dari empat single Keyakizaka46, kesemuanya Hirate-lah yang menjadi center, alias pusatnya (seperti terlihat di poster diatas). Gadis kalem ini adalah "wajah" dari group itu sendiri. Walaupun usianya masih muda, sifatnya sangatlah dewasa, selalu humble, tidak merasa paling bisa hanya karena dia di posisi paling depan, Hirate selalu mengedepankan kepentingan grup. Namun mau sepenting apapun posisinya, Techi tetaplah masih sangat muda, sifat jahil kekanak-kanakannya terkadang muncul XD
  2. Nagahama Neru,
    satu-satunya member yang menjabat dua posisi di Kanji dan Hiragana. Proses bergabungnya bersama Keyakizaka46 sedikit tidak biasa, yang membuatnya sedikit unik. Kepribadiannya serius namun di sisi lain tingkahnya juga lucu, tipikal idola teladan. Mungkin karena itulah Neru sering disandingkan dengan Techi sebagai duo terpopuler Keyakizaka46.
  3. Sugai Yuuka,
    Sugai-sama, sang Kapten Keyakizaka46. Seringkali menjadi juru bicara ketika tampil di berbagai acara, sosok kakak yang selalu bisa diandalkan oleh member-member lain khususnya yang lebih muda. Selain itu, Yuuka adalah seorang Ojou-sama / tuan puteri (dalam makna sebenarnya) berasal dari keluarga (sangat) berada, rumah mewah, penampilan elegan, namun baik hati dan tidak sombong XD
  4. Moriya Akane,
    Akanen, wakil kapten. Tegas dan lugas. Untuk urusan semangat, Akanen selalu paling membara, sangat tidak menyukai kekalahan. Baik itu dance, menyanyi, kuis, tantangan apapun pasti dia hadapi dengan sangat sangat serius. Posisi yang sempurna untuk wakil kapten mendampingi Yuuka yang baik nan lembut. Sisi lainnya, Akanen bisa disebut sebagai member pemancing ulung, sangat pandai memancing hati para penggemarnya.
  5. Watanabe Rika,
    Berika, Pe-chan, satu lagi anak ajaib di Keyakizaka46. Setelah dia ditolak kerja oleh sekitar 50 perusahaan, dia mencoba peruntungan audisi Keyakizaka46 dan diterima, terlebih sekarang dia termasuk member populer. Dia member paling tua tapi sering diperlakukan layaknya anak kecil atau adik kecil, polos dan watados (wajah tanpa dosa), Sifatnya sering disebut dengan istilah Ponkotsu atau Ten'nen atau airheaded atau otak kosong (bukan dalam arti buruk) entah dia jenius atau memang super polos + super pemalu, namun sifatnya yang tidak bisa diduga itu yang membuatnya banyak disukai. Sepak terjangnya selalu menarik untuk diikuti, dia belum pernah menyanyi solo secara serius, tapi katanya suaranya sangat bagus dan dia juga pandai bermain piano. Tergabung dalam unit "Five Cards" bersama empat member lainnya.
  6. Watanabe Risa,
    Berisa. Satu dari dua member yang dijuluki "The Cool". Sesuai julukannya, Berisa ini memang selalu memancarkan aura kalem, dingin, pokoknya cool deh. Mungkin karena sifatnya yang boyish, tomboy dan pendiam, agak tsundere. Anggota unit "Five Cards". Diketahui memiliki sifat "S" dengan Aoi yang paling sering jadi korban kesadisannya >,< Ketika switch feminimnya aktif, Berisa bisa jadi sangat manis, bisa jadi sangat baik terhadap orang-orang sekelilingnya, jika disimpulkan maka kalimat yang pantas untuk Berisa adalah "Dia sangat kuat tapi aku tetap ingin melindunginya" *tsah
  7. Shida Manaka,
    Manaka, Mona. Satu lagi member "The Cool". Sifat cool-nya agak sedikit berbeda dari Berisa, dimana aura cool Mona dirasa lebih mengintimidasi, Julukan yankee (berandalan) kiranya bisa menggambarkan betapa kerennya Mona. Gadis penyendiri yang bawaannya kalem ini akan pecah ketika dia menemukan sesuatu yang menarik, apabila Berisa lebih bisa menahan diri, tidak demikian dengan Mona, dia akan berubah jadi sangat aktif dan antusias terhadap sesuatu yang menarik perhatiannya, apalagi jika sudah bahas Pokemon kesukaannya.
  8. Suzumoto Miyu,
    Kuritaro, Suzumon, Mon, Monta, Bamu, Miyu. Gadis imut penyuka chestnut (kuri), sang Reaction Queen, reaksi wajahnya sangat lucu dan ekspresif. Salah satu member yang jago nge-dance. Pintar membuat makanan manis, kasih dia makanan manis, apalagi yang berbahan chestnut, dan lihatlah ekspresinya yang meledak-ledak :D
  9. Imaizumi Yui,
    Zuumin, Yui. Walaupun berpostur paling kecil, tapi dia paling periang, paling PD sekaligus paling penakut, pecicilan, teman main Techi kalau udah jadi mode anak-anak XD Punya suara indah, bisa main gitar, Zuumin kemudian membentuk unit-duo "Yuichanzu" dimana lagu-lagu mereka dibawakan khas sambil membawa gitar.
  10. Kobayashi Yui,
    KobaYui, Pon, Yuipon. Penyendiri, kalem, jago main alat musik. Berdua dengan Zuumin, Pon adalah anggota unit-duo "Yuichanzu (Yuichans)" karena nama mereka berdua sama-sama Yui. Pon sering digambarkan sebagai member yang kesepian karena dia selalu menyendiri, membuat kita ingin selalu menemaninya. #cie
  11. Oda Nana,
    Dani. Sang idola-komedi, tingkahnya selalu bikin ketawa. Moodmaker yang selalu menghidupkan suasana, belum lagi jika Dani sudah masuk mode 'bencong' dijamin ngakak lah XD Sering dijuluki sebagai member dengan selera fashion yang jelek. Selain itu, Dani yang sebelum bergabung dengan Keyakizaka46 ini sangat jarang memakai make-up, malah hampir tidak pernah, adalah seorang 'natural beauty'. Tanpa make-up saja sudah cantik, apa jadinya jika dia memakai make-up dan didandani sedemikian rupa? silahkan lihat photoshot Dani di berbagai majalah, stunning!
  12. Sato Shiori,
    Satoshi. Mahasiswa jurusan desain, jago ballet, kalau ngomong susah berhenti. Satoshi sempat bingung untuk fokus antara kuliah dengan karirnya di Keyakizaka46, namun setelah single ketiga, Satoshi sepertinya terlihat lebih ceria, lebih mantap. Gaya ngomongnya menggemaskan.
  13. Yonetani Nanami,
    Yonesan, Yonemin. Sang jenius, mungkin diantara semua member, Yonesan lah yang paling pintar, mungkin agak suka show-off tapi gak termasuk sombong kok. Yonesan selalu serius, malah sampai terlihat kaku, mungkin karena dari dulu semasa sekolahnya dia selalu menghabiskan waktu di perpustakaan. Itu jika kalian belum melihat senyumannya. Yonesan sering disebut-sebut sebagai pemilik senyuman terbaik. Kalimat terkenalnya "Daijoubuyade" (semua akan baik-baik saja; dalam logat kansai) dikombinasikan dengan senyumannya, adem rasanya... Satu lagi, Yonesan itu pemberani, sangat.
  14. Koike Minami,
    Miichan. Pemilik suara imut, karakter seorang adik yang manja, belum lagi jika logat kansai-nya keluar, makin imut. Tapi dia sangat tidak suka apabila orang lain mempermainkan logat kansai. Sangat suka dengan hal-hal yang berkaitan dengan penguin, dia punya game tentang penguin yang saking jeleknya game itu sering diejek member lain, namun Miichan tetap memainkannya.
  15. Harada Aoi,
    Aoichan. Usianya sedikit diatas Techi, tapi tingkahnya adalah yang paling kekanak-kanakan. Selalu diejek dengan sebutan anak SD, sering dianggap mengganggu oleh member lain, yah namanya anak-anak, gak bisa diem XD Dijuluki Heninjin (orang aneh) karena cerita di masa lalunya. Sangat takut kepada Berisa, sering diomeli oleh Berisa karena Aoi selalu berisik.
  16. Uemura Rina,
    Uemu, Rina. Kulit putih, rambut panjang lurus, dia dijuluki sang peri dari Chiba. Meski sering sakit, dia selalu berjuang keras, apalagi kalau menyangkut terompet, dia selalu semangat, dia ahlinya, hihi.. Anggota unit "Five Cards". Agak pendiam, juga selalu pesimis/negatif. Pada single ke empat, Uemu diberi kesempatan menempati posisi depan (1st row) setelah sebelumnya dia selalu di belakang, mudah-mudahan ini menjadikan dia lebih berpikir positif.
  17. Habu Mizuho,
    Habumi, Habuchan, Meijin. Postur tubuh tinggi, wajah kecil, menjadikan dia sangat ideal untuk menjadi model. Gadis penyuka manga & anime, sering berfoto cosplay mengenakan kostum-kostum dari anime kesukaannya. Dalam event anime SAO baru-baru ini dia bahkan menyatakan ketertarikannya untuk menjadi pengisi suara di depan produser film SAO. Sangat menyukai Shingeki no Kyojin, sampai-sampai karena posturnya yang tinggi, dia sempat dijuluki Shingeki no Habu. Habu juga anggota dari unit "Five cards". Menurut saya pribadi, suaranya sangat mirip dengan Watanabe Mayu (Mayuyu) AKB48.
  18. Nagasawa Nanako,
    Nagasawa-kun, Naako. Seringkali membuat bingung para penggemarnya dengan tingkahnya yang memang membingungkan, nyeleneh, sekaligus lucu. Saya sebut Naako ini member paling 'aneh' dan misterius, dan saya yakin dia jenius di kalangannya sendiri XD Naako kalau bepergian suka nyasar. Naako juga paling doyan makan. Dari kesaksian para member, cara makannya pun terbilang aneh, seperti menuangkan saus di tiap sendok suapannya, atau aturan jika pagi hari belum makan seberat 1kg, dia tidak akan berhenti makan *CMIIW* Satu hal yang membuat dia mempunyai banyak penggemar, dia adalah seorang 'pemancing' ulung. Caranya menggaet penggemar benar-benar cerdik, lucu, bikin penasaran, tak heran banyak yang kesengsem sama Naako. Dia bahkan membentuk komunitas yang anggotanya adalah dia sendiri dan para fansnya, Naako Kenkyuubu (Naako Research Society). Dia juga anggota dari unit "Five Cards".
  19. Ishimori Nijika,
    Nijika. Dijuluki sebagai member dengan karakter "bodoh". Dengan karakternya yang seperti itu, Nijika sering dipermainkan oleh member-member lain, dengan maksud baik tentunya. Dia juga jago dance, karena sebelum bergabung dengan Keyakizaka46, diketahui bahwa Nijika sempat tergabung dengan idol group lain. Dijuluki Chocoman ketika masih kecil karena badannya yang gendut, namun sekarang dia tumbuh menjadi gadis cantik dengan senyumannya yang khas.
  20. Ozeki Rika,
    Ozeki, Orika, Oze. Tidak kalah aneh dengan Nagasawa-kun, Ozeki juga punya gaya anehnya sendiri. Ozeki Style! apapun yang dilakukannya pasti disebut ozeki style, cara larinya ozeki style, cara makannya ozeki style, sampai caranya berekspresi juga ozeki style XD Jika bicara soal fashion, gadis penyuka keju ini berada di level yang sama dengan Dani dan Yonesan, bajunya sering diejek karena selalu tidak cocok.
  21. Saito Fuyuka,
    Fuuchan. Sering disebut sensei (guru) jika sudah menyangkut dance. Keahliannya dalam menari memang tidak perlu diragukan, dia selalu melatih member-member lain. Soal komedi, dia juga sama lucunya dengan Dani, gayanya yang ceplas ceplos, pasti bikin ketawa. Kebayang jika Fuuchan dan Dani membawakan manzai (stand up comedy) berdua XD

Untuk member Hiragana Keyaki, saya belum bisa bahas banyak karena jujur masih belum tahu detail informasi dari tiap-tiap member, cuma beberapa member yang sudah saya lock-on :P mungkin saya bahas lain waktu, atau update di postingan ini.

Sekian dulu bahasan saya mengenai kesan-kesan terhadap sebuah idol group Jepang yang sekarang sedang naik daun, Keyakizaka46. Mungkin lebih tepatnya kepada perkenalan kali ya :P
Sekali lagi saya bukannya sok tahu tentang Keyakizaka46, cuma ingin berbagi pendapat, kalau ada yang salah mohon dikoreksi ya.

Tambahan :
Nemu video keren tentang kilas perjalanan Keyakizaka46. Tree of Keyaki, Credit to chamee studios (uploader)

Keyakizaka46 | an impression Keyakizaka46 | an impression Reviewed by Duralumin on Maret 14, 2017 Rating: 5

1 komentar

Comments